If you get serious, you get stupid. Laughter is the close distance between two person.

Friday, June 22, 2012

IEQ Can Reduce Horizontal Conflict

Saya yakin bahwa “IEQ” yang telah tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dapat dimanfaatkan bersama untuk mengurangi bahkan mengeliminasi konflik horisontal yang selama ini telah terjadi karena masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah kehidupan gotong-royong, harmoni dan lebih suka menggunakan pendekatan budaya dan kekeluargaan dalam menyelesaikan berbagai hal yang muncul. 

Mengetengahkan kecerdasan emosi dan budaya yang sudah tumbuh di tengah masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan tersebut, suatu hal yang perlu selalu dilestarikan dan dirawat apalagi ditengah upaya pihak tertentu yang senantiasa merongrong Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apalagi persoalan itu kadang menjurus ke arah kekerasan bahkan CHAOS dan ANARKIS, maka penggunaan IEQ patut didorong. Belakangan ini, kita melihat konflik di berbagai daerah  yang jika tak dicermati dengan bijak, bisa menimbulkan gangguan ekonomi dan kerusakan kerukunan yang telah tumbuh selama ini. Kadang agama dijadikan salah satu instrumen. Agama dijadikan "baju" sehingga wilayah konflik makin sensitif dan mudah menimbulkan sentimen sosial yang lintas sektoral.

Padahal tiada satu Agama pun di dunia yang bisa membuat semua orang jadi baik. Yang ada cuma orang baik dan mempunyai itikad yang baik sehingga menggunakan Agama apa pun yang sesuai Hati Nurani, untuk tujuan kebaikan, biasanya akan jadi baik. Masalahnya banyak orang disekitar kita adalah manusia purba (manusia pura-pura baik) didalamnya... dan mereka sulit diidentifikasi...

Dalam konteks demikian, biasanya pemuka agama diminta waspada karena esensi orang beragama tak memiliki niatan untuk menghancurkan sesama. Agama dan orang beragama seharusnya menjadi inspirasi dan motivasi untuk hidup Harmoni untuk mendapatkan rahmat dan kasih sayang dari Tuhan, sesuai dengan Hati Nuraninya.

Untuk itu, kita semua berharap bahwa tokoh masyarakat dan pimpinan agama dapat lebih mengedepankan Empati dalam memberi solusi dan menyelesaikan berbagai persoalan sebelum suasana di suatu wilayah semakin memanas. Dengan tumbuhnya “IEQ” diberbagai daerah maka kerukunan umat beragama di berbagai wilayah itu akan mengalami kemajuan pesat.

Ingatlah, jangan sampai potensi dan kemampuan IEQ yang sudah terbangun malah dirusak oleh siapapun yang tidak bertanggungjawab. Sebenarnya, mereka semua butuh Kesejahteraan, Kedamaian dan Kebahagiaan, namun mereka lebih suka dengan cara mencuri dari bangsa Indonesia, ayo Sahabat jangan biarkan mereka mencuri Harapan Impian bangsa Indonesia, ayo Sahabat, kita bangkit bersama...kendali ada ditangan Sahabat...

Nilai luhur bangsa dan Empati adalah kunci utama solusi pemecah setiap permasalahan kemasyarakatan di tanah air.  Patut Sahabat ingat bahwa yang sulit bukan menghadapi  intervensi pihak asing yang ada hidden agenda tapi melawan bangsa sendiri yang telah menghianati bangsanya sendiri dan hal ini telah pula menjadi kontraproduktif bagi Bangsa Indonesia untuk maju dan sejajar dengan bangsa maju lainnya. Waspadalah...!
Mereka yang Hitam pun namun tampaknya begitu Putih cemerlang, tentu saja sangat mengecoh dan menipu kita semua, hal ini jauh lebih berbahaya karena ini pun mudah sekali menular sekaligus menyebar dan meluas dengan begitu cepat dan massal pula, polanya melalui  pengaruh, intervensi kemudian menebar bahaya yang tidak terlihat tapi terasa dan berakibat sangat FATAL. Maybe, ini type kerasukan atau kesurupan manusia, sulit obatnya, by the way setan udah pensiun....8)

Inilah virus yang sangat berbahaya, tidak terdeteksi, sulit terlihat namun telah tertanam didalam sehingga obatnya pun susah ditemukan. Biasanya, begitu korban terlepas dari musuhnya, langsung tertipu “SEKUTUNYA (yang tampilannya Sopan Santun)” Edan tenan ini orang....

Tipuan maupun tindakan kekerasan yang telah mereka lakukan kepada sesama itu, merupakan bagian dari proses pemtumbuhan kecerdasan emosi masyarakat. Saya berterima kasih, karena mereka telah memerankan aksi barbar tersebut dengan baik.

Mereka menutupi Kesadaran orang dengan penuh kabut pikiran gelap dan nafsu sesat, di jalan yang terang secara terang-terangan pula (Ini cara Manusia Purba = Pura-pura Baik bekerja) sehingga yang kita tonton adalah Pertunjukan Sandiwara mereka bukan Realita. Hanya IEQ  sebagai Anti Virus  yang bisa membawa Kesadaran Sahabat semakin manusiawi dari waktu ke waktu karena mampu  membuka pintu Hati dan Pikiran Sahabat yang telah tertutup rapat-rapat bahkan terkunci.. Baik ya.. :)

No comments:

Post a Comment