If you get serious, you get stupid. Laughter is the close distance between two person.

Thursday, June 21, 2012

Nonesuch of The Tree Roots


Suatu hari  di musim tanam, saya berkenalan dengan seorang petani tua dan ia berkata bahwa,


“Di musim tanam, biasanya sering hujan Nak, hujan di awal musim tentu baik bagi tanaman, namun tidak terlalu baik jika cuaca amat memanjakan tanaman, mungkin akar tanaman akan dangkal. Kalu ini terjadi, badai akan dengan mudah menyapunya. Sebaliknya jika cuaca kurang bersahabat pada awal musim tanam maka akar tanaman akandalam dan kuat, akarpun akan berupaya mendapatkan air dan zat hara dari dalam tanah. Jika ada badai atau angin kencang, maka tanaman lebih bisa bertahan.”

Saat benih baru saja tumbuh di dalam tanah, akar akan begitu gigih bekerja menumbuhkan benih menjadi pohon. Dengan usaha yang besar  dan kuat tersebut, akar akan menembus tanah yang keras dan meliukkan diri untuk menghindar batu-batu yang berlapis-lapis di dalam tanah yang gelap. Si akar bekerja keras dan cerdas karena ia ingin memunculkan tunas yang akan memberitahu kepada dunia bahwa ada sebuah kehidupan dinamis yang baru saja dimulai. Ketika tunas pohon bertumbuh semakin tinggi dan besar, yang disertai oleh daun nan rimbun, si akar semakin rajin bekerja keras dan cerdas lagi agar pohon bisa bertumbuh menghasilkan buah. Saat-saat yang dinantikan tiba, dari ujung-ujung ranting-ranting kecil keluar buah yang akan dinikmati banyak orang. Orang-orang yang pernah berlindung di pohon yang daunnya rimbun dan dipuaskan oleh buahnya yang manis dan lezat akan memuji pohon itu. Apakah ada atau tidak orang yang menuji si akar pohon, tetap saja si akar pohon bekerja keras dan cerdas didalam tanah agar pohon tetap rindang dan rimbun serta menghasilkan buah. Si akar tidak pernah mengeluh walaupun ia tidak pernah diingat atau dipuji. Akar tetap tersembunyi didalam tanah dan tetap terus bekerja mencari air dan unsur hara untuk disuplai kepada pohon yang akan terus menghasilkan daun nan hijau, buahnya yang manis dan lezat. Dalam tempat yang tersembunyi, akar telah menjadi teladan ketulusan dan kerendahan hati kepada batang, dahan, ranting, daun dan buah yang menikmati indahnya kehidupan diluar tanah yang gelap.

***

Ketulusan berarti Sahabat  bersedia melakukan  segala sesuatu tanpa mengharap pamrih dan pujian. Karena ketulusan itu, telah membuat Sahabat mampu menopang orang orang yang ada disekitar Sahabat tanpa mengharap imbalan. Ketulusan membuat Sahabat  tetap produktif sekalipun tidak ada atasan  yang mengontrolnya. Ketulusan telah membentuk Sahabat menjadi manusia yang bertanggung jawab dan tidak suka melimpahkan kesalahan kepada orang lain. Ketulusan membuat orang mencintai Sahabat dengan ketulusan yang sama karena secara normal manusia memakai ukuran yang sama untuk membalas kepada Sahabat. Ketika sesama melihat hidup Sahabat sebagai orang yang tulus, mereka senang bekerja sama dengan Sahabat.

Kerendahan Hati, dalam IEQ mengajarkan sekaligus mengingatkan  bahwa hidup Bahagia  bukan hanya untuk mengikuti keinginan diri sendiri, akan tetapi keinginan Tuhan  yang kita hidupi didalam jiwa kita. Jika Tuhan hidup di dalam kita, barulah kita dapat hidup sesuai teladanNYA yang rendah hati. Karakter Rendah Hati  kita telah membuang sikap arogan dan  membuat kita mau melayani sesama. Dengan demikian maka kita dimampukan memandang semua orang adalah sama penting atau berharga tanpa memandang Status, Jabatan, Jenis Kelamin, Suku dan lain-lain.

Inilah Inti IEQ, Kerendahan Hati yang sejati yang dimiliki Sahabat.

Kerendahan Hati yang tumbuh sejak jaman Nenek Moyang kita itu, telah menumbuhkan kehidupan harmoni dan gotong-royong, seyogyanya ini lebih dapat memperjelas Sahabat bahwa Kerendahan Hati yang berakar pada Budaya Leluhur, juga mau belajar dan berubah (bukan berubah-ubah) serta tanpa sedikitpun mengabaikan pentingnya Budaya lain yang mendukung bangsa semakin maju, namun cerdas pula meninggalkan “Siapapun” yang Cuma biasa memberi janji yang tidak ada di Kartu Garansi dengan Kedok Apapun, walaupun dengan iming-imingnya bisa masuk Surga... Alias janji yang tidak ada di kartu garansi... 8(

No comments:

Post a Comment