If you get serious, you get stupid. Laughter is the close distance between two person.

Tuesday, July 10, 2012

OjoLali opo Kelalen?

Pada saat aku sedang berbaring diatas tempat tidur, tiba-tiba aku memperhatikan jam dinding yang terpasang didalam kamar tidur ku. Ya, jarum jam nya berdetak-detik perlahan memutari setiap angka yang ada pada sekeliling jam dinding tersebut dan selalu begitu. Seketika aku sempat berpikir, mengapa jarum jam tersebut selalu
berputar MAJU mengelilingi angka 1 sampai dengan 12 dan TIDAK PERNAH BERPUTAR MUNDUR KE ARAH YANG SEBALIKNYA ? Tanpa disadari, aku mendapatkan pencerahan melalui jam dinding yang setiap harinya kita pandangi bersama. Kini, hatiku melonjak penuh semangat!! Ya, waktu sama seperti jarum jam dinding tersebut, tentu manusia sudah sebagaimana mestinya bahwa jalan hidupnya bergerak maju dan searah (Bukan SERAKAH ya..), Bukannya mundur pula. Dan waktu pun tidak pernah berhenti!!


Mengapa segala sesuatunya harus selalu maju dan melaju ? Lalu aku pun kembali merenungkan hal ini dalam hati dan berpikir mengenai kehidupan manusia. Dalam hidup ini, jika kita terus berjalan mundur dan melihat kebelakang, maka dapat dipastikan kita tidak akan pernah maju dan melaju. Sama seperti jarum jam, ia harus melalui sekaligus melupakan setiap detik dan menit yang ia lalui, demikian pula seharusnya kita mampu melupakan setiap kepahitan, kegetiran, trauma dan segala macam kejadian yang buruk yang telah menjadi bagian dari masa lalu kita. Oleh karena itu, ketika kita terlalu larut didalamnya, itu berarti kita sedang berjalan mundur, demikian juga ketika kita merindukan atau mengagung-agungkan masa lalu yang sudah lama berlalu. Kita sangat memahami bahwa seseorang yang berjalan mundur pasti menemui bahaya dalam waktu singkat bahkan membahayakan orang disekitarnya. Begitu pula, jika kita terus hanyut dalam memori masa lalu, baik yang manis maupun pahit, hal ini akan menghambat kemajuan dan keberhasilan kita. Hal ini akan membuat kita selalu getir dan kwatir dalam menghadapi kehidupan sekaligus membuat pikiran kita diisi oleh segala macam emosi negatif. Jadi, untuk apa lagi terus mengingat-ingat masa lalu yang sudah lewat, tidak bisa diubah dan tidak akan kembali lagi? Mereka yang mengalah bukanlah berarti orang yang lemah, karena sesungguhnya mengalah memerlukan kekuatan yang lebih. Lupakanlah yang telah menipu Sahabat, tinggalkan yang telah menghianati Sahabat, ayo Sahabat bangkit maju dan melaju, songsong masa depan yang cerah dan indah dengan langkah mantab!!

“Hidup ini singkat Sahabat, lepaskan mereka yang menyakitimu, sayangi mereka yang telahpeduli padamu, dan berjuanglah untuk mereka yang berarti bagimu."

Namun demikian, tidak segala sesuatu harus kita lupakan, ya..tulisan tulisan IEQ adalah hal yang sangat baik sekaligus Bijak untuk selalu diingat dan dijadikan pedoman dalam menjalani hidup. Hal apakah itu? Tidak lain dan tidak bukan, adalah segala kecerdasan emosi perilaku melalui perbuatan dan pekerjaan Tuhan Yang Maha Esa (YME) yang selalu menjadikan hidup Sahabat semakin baik dan berarti !! Dengan selalu mengingat IEQ maka Sahabat mengingat Kebaikan Tuhan YME sekaligus kita selalu mengucapkan syukur kepadaNYA. Setiap nafas, makanan, minuman dan keperluan hidup lainnya ada karena kasih dan anugerah Tuhan YME kepada Sahabat. Tanpa DIA, kita semua tidak bisa apa-apa !! Bukankah dengan mengingat dan menjalankan perbuatan Kasih berdasarkan IEQ dapat membuat hidup Sahabat lebih dilimpahi sukacita dari Tuhan? Ucapan syukur pasti diiiringi suka cita, dan sukacita akan diiringi oleh semangat hidup, yang selanjutnya akan membuat kita mengerjakan segala pekerjaan kita dengan gembira dan maksimal. Dan pekerjaan yang dikerjakan secara gembira dan maksimal pasti akan menghasilkan berkat bagi diri kita sendiri!!

Ayo, jangan lupa atau kelupaan. Jangan tunggu-tunggu apalagi ditunda-tunda lagi !! Ingatlah dan rasakan terus perilaku, perbuatan dan kebiasaan IEQ maka hidup kita pasti senantiasa menjadi hidup yang penuh sukacita dan berkat !! Jangan pernah melupakan kebaikan Tuhan Yang Maha Esa!!

Kalau mau melihat masa kini Sahabat, ketahuilah masa lalunya. Kalau mau tahu masa depan Sahabat, lihatlah apa yang Sahabat lakukan sekarang.

Tidak usah bersedih dan menyesali apa yang sudah lewat, tidak perlu takut dengan apa yang belum tentu datang. Yang penting isi Hati Sahabat dengan PENUH SEMANGAT,  berbuatlah yang TERBAIK di saat-saat sekarang. Ayo, apa yang Sahabat lakukan hari ini akan menentukan seluruh masa depan Sahabat...

No comments:

Post a Comment